Jepang mempunyai banyak makanan yang lezat dan bercita rasa tinggi. Makanan orang Jepang dikenal memiliki kandungan nutrisi tinggi yang baik untuk kesehatan tubuh dan otak. Karena rasa dan nutrisinya, makanan orang Jepang berikut ini menjadi sangat terkenal di seluruh dunia. Apa saja makanan populer Jepang yang mendunia? Simak ulasannya.

10. Yakitori
Yakitori
Yakitori juga bisa disebut sebagai “barbecue Jepang”. Makanan ini biasanya disajikan pada saat jamuan makan atau nongkrong dengan teman-teman di pub, karaoke, atau pesta ulang tahun. Yakitori dianggap sebagai “hangout food,” sebab hidangan super lezat ini hampir selalu ada dalam setiap rapat atau pertemuan.
Yakitori dapat dibuat dari berbagai daging, dari daging sapi, babi, atau hati ayam. Daging dipanggang sampai renyah, kemudian dilapisi dengan saus asam manis untuk mencapai tingkat kelezatan yang tinggi.

9. Kari Jepang
Kari Jepang
Kari Jepang sebenarnya adalah hidangan yang berasal dari India, tetapi juga sangat populer di Jepang. Tak seperti kari India, kari Jepang memiliki rasa yang lebih lembut dan tidak terlalu pedas. Karena banyak orang Jepang menyukai hidangan ini, kari disebut sebagai masakan resmi atau masakan nasional Jepang. Biasanya, kari disajikan dengan semangkuk nasi putih yang harum dan hangat.

Penggemar kari akan sangat senang berada di Jepang. Di negeri ini, ada puluhan jenis masakan kari dan semuanya sangat lezat dan eksotis. Ada banyak jenis daging yang dapat digunakan dalam kari Jepang, mulai dari daging ayam, daging sapi, dan seafood.

8. Yakiniku
Yakiniku
Yakiniku sebenarnya adalah masakan Korea yang diadaptasi oleh koki Jepang dengan menggunakan berbagai rempah-rempah dan bumbu tradisional Jepang, menjadikannya salah satu hidangan Jepang paling terkenal. Masakan ini terbuat dari irisan tipis daging sapi yang dilapisi saus Jepang yang lezat, kemudian dipanggang di atas panggangan barbecue menggunakan sepasang sumpit. Memasak Yakiniku membutuhkan sedikit ketrampilan menggunakan sumpit karena dagingnya cukup kecil.
Proses memasak Yakiniku sendiri membuat rasa hidangan ini lebih enak. Yakiniku biasanya disajikan di restoran, di mana pengunjung bisa datang dengan keluarga atau teman, duduk melingkar di sekitar panggangan, dan mengobrol sambil menikmati rasa masakan tradisional Jepang yang lezat ini.

7. Nabe
Nabe
Nabe bisa disebut sebagai “kebanggaan Jepang” dan jika Anda mengunjungi Jepang selama musim dingin, Anda harus menyantapnya. Nabe adalah sup tradisional Jepang, tapi tidak seperti sup miso yang dibuat dari bahan-bahan sederhana (hanya terdiri atas miso dan tahu), Nabe memiliki bahan-bahan yang lebih kaya. Biasanya, daging irisan, kepiting, mie, dan sayur-sayuran digunakan di dalam Nabe.
Nabe biasanya dimasak dalam panci besar berisi air panas dan beberapa bumbu. Kemudian, bahan-bahan ditambahkan ke dalam panci tersebut satu per satu lalu direbus sampai matang dan empuk. Setelah bahan-bahan sudah matang dengan baik, sup Nabe siap disajikan kepada setiap anggota keluarga.

6. Onigiri

Onigiri
Bagi mereka yang suka membaca manga atau menonton anime, makanan ini pasti sudah sangat akrab. Onigiri atau “nasi” merupakan salah satu jenis masakan yang dapat ditemukan dalam kotak makan siang setiap siswa atau karyawan kantor. Onigiri juga cukup mudah untuk dibuat. Nasi bisa diisi dengan bahan-bahan apapun yang inginkan, lalu dibentuk menjadi segitiga atau bola, kemudian diberi rumput laut kering dan asin di atas bola nasi.
Onigiri memiliki banyak rasa, tergantung bahan-bahan yang digunakan untuk mengisinya. Mulai dari plum yang memiliki rasa asam, telur ikan, atau irisan kecil salmon goreng. Onigiri bisa dimakan langsung atau disantap dengan saus khusus yang dapat memperkaya rasa hidangan Jepang yang mendunia ini.

5. Ramen
Ramen
Ramen adalah masakan Jepang yang sangat digemari di seluruh dunia. Bahkan di Jepang sendiri, ramen dikenal sebagai salah satu makanan yang paling populer. Ramen biasanya bisa ditemukan di warung ramen sebagai makanan ringan bagi mahasiswa atau pekerja kantor sepulang kuliah atau kerja. Warung ramen itu sendiri memiliki kekhasan hidup masyarakat Jepang yang tinggi.
Ramen disajikan dalam mangkuk besar, dengan sup ramen dan berbagai topping di atasnya seperti ikan berbentuk melingkar (naruto), telur rebus, dan sayuran. Makanan ini sangat lezat untuk dimakan pada malam yang dingin.

4. Okonomiyaki
Okonomiyaki
Okonomiyaki merupakan makanan tradisional dari Osaka yang sangat terkenal. Dalam bahasa Jepang, Okonomiyaki berarti “panggang apapun yang kau suka”. Hidangan berselera tinggi ini biasa disajikan untuk disantap bersama teman, kerabat, dan saudara. Konsep Okonomiyaki sebenarnya cukup sederhana, yaitu telur dadar dicampur dengan bahan-bahan favorit, seperti daging sapi, ayam, seafood, dan sayuran.
Selain memiliki rasa yang kaya, Okonomiyaki juga memiliki kandungan gizi yang tinggi karena di dalamnya ada banyak sayuran seperti kubis dan wortel yang diiris kecil-kecil. Makanan ini akan lebih lezat jika disajikan bersama dengan segelas sake (minuman beralkohol tradisional Jepang) atau teh Jepang.

3. Takoyaki
Takoyaki
Takoyaki adalah contoh lain dari masakan Jepang paling populer di dunia yang berasal dari Osaka. Takoyaki juga dikenal sebagai “makanan jalanan” paling disukai di Jepang. Di hampir setiap acara festival, pameran, atau konser outdoor, penjual Takoyaki bisa ditemukan dengan mudah bersama gerobak mereka yang berbentuk unik. Takoyaki juga memiliki aroma yang sangat lezat sehingga membuat setiap orang tertarik membelinya.
Takoyaki terbuat dari daging cumi-cumi yang dibentuk seperti bakso, kemudian dipanggang. Bagian luar Takoyaki terlihat renyah dan gurih, sementara bagian dalamnya lembut, sedikit berair, dan kaya rasa. Takoyaki dapat disebut sebagai salah satu masakan Jepang paling nikmat.

2. Tonkatsu
Tonkatsu
Tonkatsu disebut sebagai “Hidangan Kerajaan” karena kelezatannya yang luar biasa. Tonkatsu terbuat dari daging babi yang digoreng lama (deep-fried) sampai warnanya berubah menjadi cokelat muda, keemasan, dan terlihat sangat renyah. Bukan hanya dari daging babi, kini Tonkatsu juga bisa dibuat dari daging sapi dan daging ayam.
Setelah digoreng dengan baik, Tonkatsu disajikan bersama parutan lobak, plum, acar Jepang, dan saus khusus yang semakin menambah cita rasa Tonkatsu. Tonkatsu biasanya dimakan dengan nasi kari, sehingga kenikmatan makanan ini menjadi berlipat-lipat. Tonkatsu juga bisa dijadikan isian sandwich (katsu sando).

1. Sushi
Sushi
Tak diragukan lagi, sushi adalah hidangan Jepang paling populer dan paling lezat. Makanan ini juga tercantum dalam daftar 10 makanan paling lezat di dunia. Hal ini tidak hanya karena Sushi memiliki rasa yang berselera, tetapi juga kandungan gizinya yang sangat tinggi yang bisa menyehatkan otak.
Sushi sebenarnya adalah hidangan sederhana. Daging ikan segar (biasanya salmon) diiris tipis dan ditaruh di atas sebagian kecil nasi. Sushi biasanya disajikan dengan saus khusus dan harus dimakan dalam sekali suapan. Ada berbagai jenis sushi yang dapat ditemukan di Jepang, harganyapun juga berbeda tergantung kualitasnya. Jika Anda mengunjungi Jepang, sushi adalah makanan wajib untuk dinikmati di sebuah restoran sushi tradisional di mana sushi akan disusun di depan Anda oleh koki dan disajikan pada ban yang berjalan melingkar.

sumber : http://kembangpete.com