Sabtu, 17 Januari 2015

KIMCHI Makanan Khas Korea

Anyeonghaseyo, chingudeul :D kali ini aku mau nge share tentang makan makanan khas dari negara ginseng korea.
Semoga bermanfaat ^^ 


KIMCHI
 
Kimchi adalah makanan tradisional Korea, salah satu jenis asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Setelah digarami dan dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe dan bubuk cabai merah.
Sayuran yang paling umum dibuat kimchi adalah sawi putih dan lobak. Di zaman dulu, kimchi diucapkan sebagai chim-chae (Hangul: 침채;Hanja: 沈菜) yang berarti “sayuran yang direndam.”
Di Korea, kimchi selalu dihidangkan di waktu makan sebagai salah satu jenis banchan yang paling umum. Kimchi juga digunakan sebagai bumbu sewaktu memasak sup kimchi (kimchi jjigae), nasi goreng kimchi (kimchi bokkeumbap), dan berbagai masakan lain.

Selain itu, ada beberapa jenis Kimchi yang harus dicoba juga
~Gimjang Kimchi~
Kalau kita ke pasar tradisional Korea pada saat-saat ini, maka kita akan dapat menyaksikan berbagai jenis sayuran dalam jumlah banyak yang dijual, khususnya untuk membuat Kimchi. Menjelang musim dingin, sekitar akhir bulan November hingga awal bulan Desember ibu-ibu Korea menyibukkan diri untuk melakukan Gimjang atau membuat berbagai jenis Kimchi yang akan dikonsumsi selama musim dingin. Gimjang ini sebenarnya merupakan satu tradisi masyarakat Korea yang diadakan setiap tahun.

Menurut sebuah buku dari kerajaan Koryeo kegiatan Gimjang sudah dilakukan sejak zaman itu. Dan rakyat di zaman Koryeo membuat banyak Kimchi dari lobak dan dimakan sepanjang musim dingin. Kimchi yang merupakan lauk-pauk utama ini masyarakat Korea tidak pernah absen dari atas meja makan sejak saat itu. Jadi Gimjang merupakan aktivitas masyarakat Korea yang sangat penting. Di zaman sekarang terdapat banyak Kimchi olahan di pasar tapi ibu-ibu Korea lebih suka membuatnya sendiri. Kalau dibuat sendiri Kimchi itu dapat dijamin rasa dan mutunya. Pembuatan Kimchi yang cukup berat dan merepotkan ini sekarang menjadi relatif mudah karena ada kulkas Kimchi. Oleh sebab itu ada juga ibu-ibu yang membuat Kimchi untuk 1 kali saja setahun

~Nabak Kimchi~
Nama Kimchi yang berbunyi Nabak itu berasal dari bentuk potongan sawi dan lobak kecil yang tipis. Nabak Kimchi ini umumnya tidak mengalami proses prementasi sehingga dapat langsung dimakan setelah dibuat.
alah satu jenis Kimchi itu adalah Nabak Kimchi yang berkuah dengan sawi putih dan lobak. Kuah itu berasa sedikit manis dan pedas. Selain itu rasa segarnya dapat menggantikan sup yang selalu disajikan bersama dengan nasi pada setiap penyajian hidangan.
 
~Kimchijjim~
Bahan utama masakan ini adalah Kimchi serta daging dan sangat mirip dengan Kimchi Jjigae atau sup Kimchi. Sejak beberapa tahun lalu masyarakat Korea yang sudah merasa bosan Kimchijjigae memasak Kimchijjim. Dibandingkan dengan Kimchijjigae atau sup kimchi Kimchijjim berkuah sedikit dan daging dipakai lebih banyak. Di tambah lagi Kimchi yang dipakai untuk masakan ini disebut Mukenji yang berasa asam karena sudah lama disimpan, kadang-kadang masa penyimpanan Kimchi itu beberapa tahun. Hal itu membuat rasa Kimchijjim yang kental dan mendalam.
Biasanya masyarakat Korea lebih suka memakai daging babi untuk masakan ini. Tetapi daging sapi maupun ayam juga cocok untuk masakan ini. Kalau ada Kimchijjim ini orang Korea biasanya dapat menghabiskan beberapa mangkuk nasi. Selain merangsang nafsu makan, Kimchijjim dijamin juga baik untuk kesehatan. 

 ~Kimchi Jeon~
Pada musim dingin dimana sayur-sayuran sulit tumbuh, kimchi adalah sumber vitamin bagi masyarakat Korea sejak zaman dahulu. Tetapi masakan kimchi yang sudah lama dimasak makin lama makin kurang enak, asem, dan berbau. Ibu rumah tangga Korea membuat gorengan enak dengan kimchi yang asam dan berbau itu. Gorengan yang bernama Kimchi-Jeon itu dimakan bersama dengan nasi sebagai lauk-pauk atau dimakan juga pada saat ingin jajan.
Masakan itu tentu terasa gurih. Selain itu anda dapat merasakan rasa asam karena Kimchi yang dipakai sudah berasa asam. Tapi rasa asam itu tidak begitu terasa, malah nikmat. Karena kimchi sudah digarami maka tidak perlu dibumbui lagi dan lebih enak dimakan dengan nasi. 

 ~Chonggak Kimchi~
Chonggak Kimchi ini memang memiliki rasa lain dengan Kimchi biasa. Chonggak Kimchi lebih enak setelah matang, sesudah 2 atau 3 hari kemudian. Biasanya rasa Kimchi berbeda menurut jangka waktu penyimpanannya. Jadi kalau disimpan cukup lama berasa asam juga. Kadang-kadang Chonggak Kimchi ini disebut juga sebagai Altari Mu Kimchi. Altari Mu adalah dialek untuk Chonggak Mu.
  
~Dubu Kimchi~
Dubu Kimchi. Bahan utama masakan ini adalah tahu dan Kimchi. Masakan ini merupakan salah satu masakan yang disukai oleh masyarakat Korea dan lebih enak dimakan pada musim dingin.
Sebenarnya di Korea daging babi digunakan untuk masakan ini. Daging sapi juga sesuai dengan rasa kimchi. Selain sebagai lauk pauk masakan ini sering dimakan bersama dengan minuman beralkohol di Korea.
~Gungjung Baechu Kimchi~
Cheonggak аԁаƖаh sejenis rumput laut. Sејаk jaman dahulu, cheonggak sering digunakan υntυk mеmbυаt gimchi уаnɡ Ɩеbіh sedap.
Cara memasak Gungjung Baechu Gimchi merupakan gaya istana. Sереrtі namanya gungjung, уаnɡ berarti istana atau kerajaan іtυ, cara memasak menu hari іnі memang cukup sukar bagi orang уаnɡ bеƖυm terbiasa. Untυk membantu fermentasi, biarkan ԁі tempat teduh selama sekitar 10 jam kemudian simpan ԁі kulkas. SеtеƖаh sekitar 2~3 hari kemudian, Gungjung baechu gimchi siap disajikan

~Kimchi Jjigae~
Kimchi Jjigae. Masakan ini masakan sederhana dan populer bagi masyarakat Korea. Selain bangsa Korea orang asing yang sudah pernah memakan masakan ini juga sangat menyukainya. Jjigae itu biasanya tidak banyak kuah dibandingkan dengan sup.
Biasanya Kimchi Jjigae ditambahkan daging babi atau ikan tuna kaleng di Korea. Tanpa daging Kimchi Jjigae cukup enak karena Kimchi itu telah lama dibumbui. Rasanya agak asin dan pedas lebih baik makan dengan satu mangkok nasi putih.

 ~Kimchi Bokembab~
Selain Kimchi Bokembob ini banyak jenisnya nasi goreng menurut bahannya seperti nasi goreng di Indonesia. Nasi goreng seafood, nasi goreng sayur, nasi goreng daging, dll. Bahkan cara memasak pun tidak lain dengan nasi goreng di Indonesia. Kimchi Bokembab atau nasi goreng Kimchi ini dapat memberi rasa yang unik karena rasa kimchi yang khs dan pedas sanagt sesuai dengan nasi dan bahan-bahan lain. Masakan ini sangat cocok dengan orang yang suka Kimchi atau yang mau mencoba rasa nasi goreng yang lain.
 ~Fa Kimchi (Kimchi Daun Bawang)~
Kimchi іnі ѕеƖаƖυ dimasak waktu masak Kimjang ԁі Korea. Daun bawang diketahui mempunyai khasiat υntυk menghilangkan rasa sakit kepala, membersihkan kulit wajah, ԁаn mencegah serta menyembuhkan masuk angin. OƖеh kаrеnа іtυ daun bawang digolongkan juga ԁаƖаm bahan-bahan tumbuhan obat. Kalau memakan kimchi daun bawang іnі setiap saat makan pada musim dingin, tentu ԁараt mencegah masuk angin.

LANJUT..? :D

0 komentar:

Posting Komentar